Pengertian Extranet

Extranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.
 

Kelebihan ekstranet:
  1. Proses dan arus informasi lebih cepat
  2. Peningkatan dalam efektivitas berbisnis
  3. Mengurangi biaya komunikasi, transportasi maupun administrasiMengurangi penggunaan kertas
  4. Akses draft dokumen serta presentasi multimedia untuk komentar ataupun persetujuan klien 
  5. Melihat proyek-proyek yang lalu sebagai perbandingan
Kelemahan ekstranet:
  1. Biaya tinggi pada awal pengembangan 
  2. Membutuhkan staf ahli untuk mengembangkan ekstranet
  3. Membuat kontrak selama beberapa waktu untuk perencanaan, pengembangan, review dan pelaksanaan
  4. Melakukan pemeliharaan teratur, upgrade, dan lain-lain
Contoh penggunaan ekstranet adalah pada rakan kongsi perniagaan, karena penggunaannya membolehkan pertukaran maklumat dapat dilakukan dengan efisien. Sedangkan contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk ekstranet adalah Lotus Notes.


Komponen dan Struktur dari Ekstranet

Ekstranet mempunyai dasar  intrastruktur sama dengan internet, seperti TCP/IP Protocols, server, e-mail dan browser Web. Tetapi ekstranet menggunakan Virtual Private Network (VPN) untuk membuat komunikasi melalui internet lebih aman.


Definisi Ekstranet


Sebuah Jaringan pribadi yang menggunakan protocol internet dan system telekomunikasi public untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain. Selain itu ekstranet juga dpat diartikan sebagai sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun ekstranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.
Extranet VPN menghubungkan pelanggan, supplier dan partner melalui jaringan telekomunikasi publik dengan menggunakan saluran khusus. Pelayanan yang disediakan sama dengan pelayanan jika menggunakan jaringan pribadi, sehingga pengguna seperti menggunakan intranet dari perusahaan tersebut. Extranet menggunakan arsitektur dan protokol yang sama dengan yang digunakan pada Access VPN dan Intranet VPN.